Home » » Perjalanan Spritual Iwan Fals

Perjalanan Spritual Iwan Fals


(Lora Malunk Blog) - Perjalanan Spiritual Iwan Fals dan Ki Ageng Ganjur ke Pondok Pesantren (Ponpes) benar-benar disambut antusias orang indonesia (OI) Kalangan Mahasiswa IAIN SURABAYA. Ribuan penggemar fanatik Iwan dan ratusan santri langsung berbaur di Lapangan IAIN Surabaya sejak sore.

Dalam konser bertajuk "Perjalanan Spiritual ke Pesantren" yang dihadiri Rektor IAIN Surabaya Prof Nur Syam dan Wagub Jatim Saifullah Yusuf itu, Zastrouw selalu mengomentari lagu yang akan atau sudah dinyanyikan Iwan Fals dengan pandangan agama.
Di hadapan mahasiswa IAIN Surabaya, santri di Surabaya, dan komunitas OI (komunitas penggemar Iwan Fals yang disebut "Orang Indonesia") Surabaya itu, Iwan Fals melantunkan tujuh lagu seperti Sarjana Muda, Ibu, Tanam Tanam Siram Tanam, Jula Juli Yo, Bung Hatta, Pesawat Tempur, dan Guru Oemar Bakrie.
 
"Kalau sarjana untuk semata-mata mencari kerja, bukan mencari ilmu, ya begitu. Pesantren justru lebih baik, karena pesantren itu mencetak sarjana kehidupan," kata budayawan pimpinan Sanggar Ki Ageng Ganjur, Zastrow, mengomentari lagu pertama Iwan Fals.
Malam itu, seniman yang sempat dilarang tampil oleh Orde Baru itu juga tidak lupa melontarkan kritik, seperti di sela-sela melantukan lagu tentang "Jula Juli Yo."

"Nasi wis dadi bubur, dudu sego. Dadi pejabat sing jujur, nek nggak jujur mlebu neroko, (Nasi sudah menjadi bubur, bukan nasi lagi. Jadi pejabat itu yang jujur, kalau tidak jujur bisa masuk neraka)," ucapnya, disambut applaus hadirin.

Di Jawa Timur, Iwan Fals dengan dukungan perusahaan rokok "Djarum" itu mengunjungi 12 pesantren mulai dari Jember, Lumajang, dan akhirnya di Surabaya.

"Dari berbagai kiai yang saya datangi, saya senang masukan mereka bahwa seni itu bisa mengajak kepada kebaikan seperti syiar agama yang pernah dilakukan Wali Songo, asalkan di dalamnya ada nilai-nilai dakwah," katanya.

HIDUP PMII SURABAYA DAN OI JAWA TIMUR
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Lora Malunk Blog
tutorial blog up to date
Loading...

Posting Komentar

Kebijakan berkomentar akan dihapus, jika tidak sesuai dengan aturan dibawah ini, Demi kenyamanan kita bersama :

» Menggunakan bahasa yang tidak sopan (Sara, Pornografi, Menyinggung)
» Duplikat komentar
» Komentar menautkan link secara langsung
» Komentar tidak berkaitan dengan artikel
» Judul Komentar Berupa Promosi

Terima Kasih .... Lora Malunk Blog

 

Configurasi

Alexa :
Stats :
Page Rank : Free PageRank Checker
DMCA :
Amung :
Bloggers : Bloggers - Meet Millions of Bloggers
Extreme :
eXTReMe Tracker
Support : Lora Malunk Blog | Songong Template | Tutorial Blog
Copyright © 2011. Lora Malunk Blog - All Rights Reserved
Template Modify by Lora Malunk Blog
Proudly powered by Blogger