Home » » 6 Cara Meningkatkan Kualitas Artikel

6 Cara Meningkatkan Kualitas Artikel

Blog artikel berkualitas

Hal yang paling menarik dari aktivitas blogging adalah kita bisa belajar dan berbagi pada saat yang bersamaan. Nge-blog adalah suatu langkah “nothing to lose” dan tidak ada salahnya. Menurut saya, dengan media blog kita bisa membangun pertemanan dan jaringan yang lebih luas.

Beberapa bulan terakhir ini saya melihat mulai banyak blog desain lokal yang bermunculan, indikasi yang sangat bagus! Saya berharap pertumbuhannya bisa terus makin banyak dan makin berkualitas pula konten yang di tawarkan. Bicara tentang kualitas artikel artinya kita berbicara tentang inti dari blog itu sendiri yaitu konten.

Kalau kontennya biasa-biasa saja dan bisa di temukan di blog lain, maka kita akan mudah melupakan blog tersebut. Jadi bagaimana caranya meningkatkan kualitas artikel blog kita? Berikut beberapa cara yang bisa digunakan untuk kamu yang baru mau mulai nge-blog atau bagi kamu yang sudah mempunyai blog desain sendiri.

1. Riset
Riset keyword

Saya suka bagian ini, kebanyakan artikel terbaru yang di tulis di Jurus Grafis merupakan hasil riset dari internet. Karena sebenarnya saya tidak begitu menguasai beberapa topik yang akan saya sampaikan. Jadi saya harus ‘belajar’ terlebih dulu dengan melakukan riset selama beberapa hari atau beberapa jam.

Misalnya seperti artikel tentang bedah web portfolio, sungguh saya tadinya tidak terlalu memperhatikan beberapa elemen yang di bahas di artikel itu, tapi karena ide dasarnya sudah ada (bedah web portfolio) maka saya hanya tinggal meluangkan waktu untuk mempelajari website portfolio desainer lain, membaca beberapa artikel yang berkaitan dan sebagainya.

Lakukanlah riset maka artikel yang kita tulis akan mempunyai dasar yang kokoh.

2. Buat Draf Beberapa Poin Penting
blog_kualitas_draftnote

Selagi melakukan riset kita akan menemukan beberapa poin penting yang bisa kita gunakan sebagai tulang punggung artikel kita. Catat poin itu dengan menggunakan Penzu atau tulis saja di kertas.

Dari poin-poin itu kita bisa mengembangkan kalimat atau paragraf pendukung yang akan memudahkan saat kita menulis nanti. Sebagai tambahan, orang juga lebih suka membaca artikel yang berupa poin daripada paragraf semua yang terlalu panjang dan melelahkan.

3. Gunakan Gambar Yang Tepat
Blog berkualitas

Untuk memperkuat artikel kita bisa menggunakan gambar yang sesuai dengan topik yang sedang kita bicarakan. Selain untuk fungsi pendukung, gambar juga bisa menjadi tempat ‘beristirahat’ bagi mata kita di antara paragraf artikel.

Akan lebih bagus lagi, untuk gambar utama (yang akan terlihat di awal artikel), kita mendesain sendiri gambar tersebut. Selain sudah menjadi keharusan bagi para desainer, cara ini juga memberikan sentuhan personal pada setiap artikel yang kita tulis (bahkan jika kamu hanya bermain dengan tipografi saja, itu sangat berarti).

Dan tentu saja, siapa yang tidak menyukai ilustrasi/foto yang menarik?

4. Jangan Terburu-buru
blog berkualitas cepat

Jangan pernah langsung menekan tombol ‘publish’ setelah kita selesai menulis. Biarkan dulu selama 2 jam sampai 1 hari, lalu baca kembali tulisan kita itu. Kalau perlu sempurnakan kata-kata yang kita pakai, mungkin ada beberapa kalimat yang terdengar aneh, link yang belum di tambahkan atau kita bisa mencari gambar yang lebih pas dan tepat.

Santai saja, simpan dulu semua tulisan kamu sebagai ‘Draft’. Kecuali kamu nge-blog dengan gaya ‘news’ yang memang di haruskan untuk menjadi yang tercepat berada di publik.

5. Baca Ulang dan Preview
Blog Artikel Berkualitas

Saya terbiasa menekan tombol ‘preview’ terlebih dulu setelah saya selesai menulis. Dengan preview kita bisa melihat dengan jelas dan pasti, akan seperti apa tampilan artikel kita yang sebenarnya. Perhatikan apakah kita lupa memberikan tag h2 atau h3, pemotongan kalimat (text warp) yang nyaman di lihat atau tidak, semua detil harus di periksa walaupun itu hanya barisan kata-kata.

6. Dengarkan Pembaca

Blog artikel Berkualitas

Cara ini sangat mudah, coba pantau komentar yang ada di blog kamu, perhatikan apakah ada diskusi disana? atau ada pembaca yang memberikan masukan? Resapi semuanya dan gunakan hasil pengamatan komentar itu di posting artikel kamu selanjutnya.

Dengan begini kamu jadi tahu mana artikel yang di sukai pembaca dan jenis artikel apa yang bisa mengundang diskusi seru dari para pembaca. Sebagai tambahan, jumlah komentar tidak bisa menjadi ukuran, melainkan isi komentarlah yang menjadi ukuran sebuah artikel mengena atau tidak di pikiran pembaca.
Kesimpulan

Membuat blog itu sangat mudah, namun mempertahankan dan membesarkannya itu yang agak sulit. Well, tidak sulit juga seharusnya, saya yakin kita semua bisa melakukannya asal kita memberikan dedikasi yang tidak tergantikan, yaitu waktu.

Punya cara meningkatkan kualitas artikel yang lain? Kolom komentar sudah menunggu
Jika Anda menyukai Artikel di blog ini, Silahkan klik disini untuk berlangganan gratis via email, dengan begitu Anda akan mendapat kiriman artikel setiap ada artikel yang terbit di Lora Malunk Blog
tutorial blog up to date
Loading...

+ komentar + 7 komentar

15 April 2011 21.43

Selamat malam mas Lora Malunk, apa khabar ?.. tips yang menarik, dan saya setuju kita harus meningkatkan kualitas artikel yang ditayangkan untuk menarik pengunjung. Tapi ada kalanya otak lagi cupek/aras-arasen,Penyakit yang seling melanda adalah bingung, bosan, dan kesal dengan blognya.

Adanya Ide merupakan hal yang baik buat kita blogger. Namun terlalu banyak ide dan impian dapat menjadi bumerang bagi kita sendiri yang akhirnya penyakit blogger tersebut akan menghinggapi kita, dan ini adalah titik kritis dan ujian bagi para blogger.
Fokuskan pikiran dan tujuan pada satu hal saja. Hiburlah diri kita dengan kegiatan offline, seperti berolahraga atau main game. tinggalkan kegiatan blog sejenak di pikiran anda.
hehehehe.... sekedar tambahan aja

Terimakasih maskolis atas Komentarnya di 6 Cara Meningkatkan Kualitas Artikel
15 April 2011 21.52

dari 6 langkah tersebut yg pling susah saya lakuin adalah no.2 n 3 sob...
tp ntar jg psti bisa dah,,,hehe
thx wat ilmunya ya sobatq... :)

Terimakasih Awank atas Komentarnya di 6 Cara Meningkatkan Kualitas Artikel
16 April 2011 10.32

wah bagus nih info nya..... :)

Terimakasih funkynetter atas Komentarnya di 6 Cara Meningkatkan Kualitas Artikel
@Lora Malunk
16 April 2011 12.42

@awank - harus bisa donk semuanya, kan ada mbah google yg siap riset ilmu gratis.....hehe

@Maskolis and @Funkynetter - Oke Mas Bro Thank's dukungannya sukses buat kalian semua.

Terimakasih @Lora Malunk atas Komentarnya di 6 Cara Meningkatkan Kualitas Artikel
17 April 2011 11.00

mantafff articlenya..thanks for pencerahannya:)

Terimakasih Findingbook atas Komentarnya di 6 Cara Meningkatkan Kualitas Artikel

wah bagus juga bang artikelnya tapi tipsnya koq cuma itu ajah si mas.,.,.,.,.!!''

Gak Kurang..??

Terimakasih Jasa Pembuatan Radio Streaming atas Komentarnya di 6 Cara Meningkatkan Kualitas Artikel
17 April 2011 14.43

Kasih jarak dulu, Bagi gue, mengedit lebih berarti memotong, atau merampingkan.Kurangi kalimat pasif, Cek typo ketikan, Keep It Simple

kalo saya prinsipnya make itu..
hahahahha.. :D
trimakasih saraannya semoga bisa membuat artikel-artikel saya makin berkualitas. ^^

salam dari 123horas

Terimakasih ika atas Komentarnya di 6 Cara Meningkatkan Kualitas Artikel

Poskan Komentar

Kebijakan berkomentar akan dihapus, jika tidak sesuai dengan aturan dibawah ini, Demi kenyamanan kita bersama :

» Menggunakan bahasa yang tidak sopan (Sara, Pornografi, Menyinggung)
» Duplikat komentar
» Komentar menautkan link secara langsung
» Komentar tidak berkaitan dengan artikel
» Judul Komentar Berupa Promosi

Terima Kasih .... Lora Malunk Blog

 

Configurasi

Alexa :
Stats :
Page Rank : Free PageRank Checker
DMCA :
Amung :
Bloggers : Bloggers - Meet Millions of Bloggers
Extreme :
eXTReMe Tracker
Support : Lora Malunk Blog | Songong Template | Tutorial Blog
Copyright © 2011. Lora Malunk Blog - All Rights Reserved
Template Modify by Lora Malunk Blog
Proudly powered by Blogger